Penggunaan AC atau penyejuk ruangan hisab sebagian keluarga sudah merupakan kebutuhan. Beserta AC tanda di bait menjadi kian nyaman. Dalam menjaga kesenangan tersebut oleh karena itu harus dikerjakan pemeliharaan lawan AC. Jika tidak dipastikan AC bakal menjadi tenang dingin & boros daya Listrik.

Walaupun sudah dirawat terkadang AC masih juga tidak susut meskipun blower indor wajar mengeluarkan udara, namun yang keluar sama sekali angin saja. Kerusakan AC dengan informasi demikian padat penyebabnya. Antaralain adalah kurangnya gas freon, condensator outdoor rusak / kompresor AC rusak.

Berikut adalah tips ac tidak dingin

1. Periksa Kipas Outdoor AC



Jika taraf 1 udah dilakukan akan tetapi AC tunak tidak susut, cobalah hidupkan AC dan perhatikan apakah kipas di outdoor AC berputar. Jika kipas bukan berputar sesudah beberapa lelet AC dihidupkan berarti ada masalah dalam Kipas itu. Untuk memastikannya matikan & cabutlah sumber listrik daripada AC. Sehabis itu buka tutup buat dari outdoor AC.

Periksalah kabel-kabel dan terminal-terminal bahkan yang menuju ke kipas. Perhatikan apakah ada tali yang gosong atau kendur. Perbaiki bila ada kenur yang hangus atau sedap.

2. Usut Kondensator alias Kapasitor Outdoor AC

Jika tahap 2. 1 udah dilakukan namun kipas tunak tidak memarak periksalah kondensator. Kondensator itu bentuknya ensiklopedis seperti tabung. Umumnya bahwa kondensator tua maka kondensator ini hendak menggelembung walaupun tidak tetap demikian. Apabila kondensator cacat ganti & coba hidupkan lagi AC

3. Periksa Impedansi Kipas

Jika step 2. 2 telah dikerjakan dan kipas tetap tidak bisa bersirkulasi periksa impeansi kipas. Takat ini sama sekali dapat dijalani oleh orang yang memiliki pengetahuan teladan listrik sempurna dan punya alat ukur. Ukur dengan multimeter rantai yang menentang ke kipas. Biasanya impedansi kipas yang bagus akan menunjukan kurang lebih puluh ohm. Jika impedansi terukur super kecil ataupun mendekati short atau nol atau amat besar alias open, ganti kipas ini

4. Periksa tegangan menunjukkan ke kipas

Jika step 2. 3 telah dilakukan dan kipas tetap tidak bisa sirkulasi periksa tarikan menuju ke kipas. Stadium ini hanya dapat dilakukan oleh orang2 yang mengarungi pengetahuan kiat listrik cukup dan mengarungi alat ukur. Hidupkan AC lalu telaah tegangan menentang ke kipas dengan multimeter. Jika tiada tegangan matikan AC dan cabut sumber listriknya lalu periksalah kabel yang menyatukan indoor unit dan outdoor unit. Jaga apakah terdapat kabel yang hangus / cacat plus digigit tikus misalnya. Bila ada perbaiki. Jika tiada periksa rantai terminal pada indoor segmen yang berpangkal dari outdoor unit. Saksama apakah siap kabel ataupun terminal yang hangus alias kendur. Kalau ada perbaiki. Jika tidak ada dan anda mempunyai warta yang persis[cak] dibidang listrik atau elektronik anda sanggup melanjutkan pemeriksaan di potongan rangkaian kontrol AC.

5. Periksa Kondensator / Kapasitor untuk Kompresor

Jika kipas Outdoor AC berputar tetapi AC bukan dingin kontrol kondensator utk Kompresor. Kondensator untuk kompresor terkadang digabung dengan kondensator untuk kipas dalam wahid kemasan serta terkadang tukang peras. Periksa kondensator untuk kompresor seperti step 2.

6. Periksa Spark Gap atau MOV

Spark Gap alias MOV berfungsi sebagai pengaman rangkaian bila terjadi guncangan tegangan listrik. Bentuknya sebagaimana uang senar. Jika pecah atau gosong ganti spark gap mereka.

7. Selidik Kompresor

Bagi memeriksa kompresor ikuti cara step 2. 3 & 2. 4 hanya saja kali ini lakukan step tersebut bagi kompresor.