Subnet mask diartikan sebagai istilah teknologi informasi untuk bahasa Inggris yang menggerakkan kepada nilai biner 32 bit yang digunakan utk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan posisi suatu host, apakah berkecukupan di selaput lokal / jaringan pendatang.



RFC 950 mendefinisikan implementasi sebuah subnet mask yang disebut pun sebagai satu address mask sebagai sebuah nilai 32-bit yang dimanfaatkan untuk membedakan network identifier dari host identifier di dalam sebuah tanda IP.

Pada setiap Contoh Subnetting Jaringan di dalam sebuah jaringan yang menggunakan TCP/IP membutuhkan sebuah subnet mask sedangkan berada di dalam sebuah pola dengan wahid segmen sekadar. Entah itu subnet mask default (yang digunakan ketika memakai network identifier berbasis kelas) ataupun subnet mask yang dikustomisasi (yang dipakai ketika membuat sebuah subnet atau supernet) harus dikonfigurasikan di dalam setiap node TCP/IP.

Pengertian Serta Fungsi Default Gateway

Gateway adalah 1 buah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan mono jaringan komputer kabin dengan ahad atau lebih jaringan komputer pangku yang menggunakan protokol persinggungan yang luar biasa sehingga informasi dari wahid jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer berbeda yang protokolnya berbeda.

Sebutan gateway merujuk kepada hardware atau software yang mewakili dua operasi atau jaringan yang tidak persis, sehingga laporan dapat ditransfer antar komputer saku yang berbeda-beda. Salah satu tiruan penggunaan gateway adalah pada email, oleh karena itu pertukaran email dapat dilakukan pada koordinasi yang luar biasa. Definisi ini adalah penjelasan gateway yang utama. Di pengertian teknis, istilah tersebut mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menjelaskan antara dua protokol yang berbeda.

Ulasan yang semakin umum dalam istilah berikut adalah satu mekanisme yang menyediakan saluran ke sebuah sistem berbeda yang tehubung dalam satu network. Host yang dikenakan untuk mengalihkan lalu lintas komposisi dari mono jaringan di jaringan berbeda, juga digunakan untuk mengucilkan lalu lintas jaringan dari wahid protokol di protokol beda. Dipergunakan bagi menghubungkan 2 jenis jaringan komputer yang arsitekturnya sama sekali berbeda. Jadi gateway semakin kompleks dari bridge. Gateway dapat diaplikasikan antara lain untuk menghubungkan IBM SNA dengan internet digital DNA, LAN (Local Tempat Network) dengan WAN (Wide AreaNetwork).



Selevel dengan merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tdk jarang pula pemula menyamakan "gateway" beserta "router" yang sebetulnya gak benar. Kadangkala, kata "gateway" digunakan utk mendeskripkan gawai yang mengintegrasikan jaringan komputer besar beserta jaringan komputer kabin besar yang lain. Hal itu muncul plus seringkali perselisihan protokol komunikasi dalam pola komputer cuma terjadi tatkala tingkat komposisi komputer yang besar. Gateway juga dapat diartikan guna komputer yang memiliki minimal 2 ekses network interface untuk menyatukan 2 impak jaringan / lebih.

Yang Internet suatu alamat siap ditempuh tuntas gateway-gateway yang memberikan jalan/rute ke arah mana yang harus dilalui supaya antaran data datang ke tujuan. Kebanyakan gateway menjalankan routing daemon (program yang meng-update secara dinamis tabel routing). Karena hal itu gateway pun biasanya bermakna sebagai router. Gateway/router dapat berbentuk Router box seperti yang dalam produksi Cisco, 3COM, dll atau mampu juga bercorak komputer yang menjalankan Network Operating System plus routing daemon. Misalkan PC yang dipasang Unix FreeBSD dan menjalankan program Routed alias Gated. Namun, dalam pemanfaatan Natd, routing daemon bukan perlu dijalankan, jadi sempurna dipasang gateway saja. Sebab gateway/router mengategorikan lalu lintas bungkusan data mengiringi jaringan, oleh karena itu di dalamnya bisa dipasangi mekanisme penyekatan atau pengamanan (filtering) paket-paket data, Mekanisme ini disebut Firewall.