Dalam memandu dan menjajaki komponen elektronika tentunya diperlukan sebuah instrumen untuk pengerjaannya. Pada umumnya para teknisi ataupun getah perca pecinta elektronika menggunakan AVO meter / multimeter sejajar bantuan dalam menguji dan memeriksa komponen elektronika. Sebab sebab tersebut sangat diperlukan menguasai cara penggunaan AVO meter / multimeter, soalnya dengan hal itu dapat mengecilkan troubleshooting kebinasaan dalam mereperasi atau mengedit alat-alat elektronika.



Pada biasanya dalam menjajaki komponen elektronika di Toko Jual Komponen Arduino dengan mempergunakan multimeter beberapa besar dijalani pada standar ohm meter. Hal ini di karenakan ujung-ujung probe pada standar ohm meter akan mngeluarkan arus, maka itu dengan adanya arus & tegangan di dalam multimeter tersebut berfungsi memperhebatkan kinerja daripada komponen yang kemudian bisa dilihat kompetensi komponen / data dari sebuah pengujian melalui pin multimeter

Bersama-sama akan dijelaskan satu persatu cara mencoba dan menjajaki komponen elektronika.

Menguji Resistor

1. Balik berbalik pada timbangan ohm meter (pastikan pias ukur lebih tinggi alias hampir kolektif dengan terkaan resistor yang diukur).

2. Lakukan kalibrasi dengan cara short probe positif serta negative lalu putar zero ohm adjustment hingga tingau menunjukan poin nol di dalam skala ohm.

3. Hubungkan probe di dalam masing-masing kaki (bolak pulih sama saja)

4. Kemudian amati lidi pada multimeter.

Kesimpulan Perolehan Pengujian

1. Jika tingau menunjukan poin sesuai beserta nilai pada resistor jadi resistor di kondisi cantik

2. Bila jarum menunjukan angka kian besar / kecil diluar batas pengertian maka resistor dalam kondisi setengah rusak / atau molor.

3. Jika peniti tidak melangkah sama sekali oleh sebab itu resistor putus

4. Bila jarum menuding angka nol maka resistor short (hubung singkat/ tdk memiliki hambatan)

Menguji Kondensator

Kondensator terjumpa 2 siasat jenis, ialah kondensator polar (elco) serta nonpolar, yang mana keduanya meraup karakteristik masing-masing dalam pengujian baik / rusaknya penetapan kondensator.

a. Kondensator Elektrolit/Elco

1. Berputar skala multimeter pada posisi Ohm meter (jika prestise kondesator kuntet gunakan skala ohm yang besar di dalam multimeter & sebaliknya. )

2. Hubungkan probe ahmar dengan sagang kondensator lawan negatif, probe hitam ke kaki absolut kondensator.

3. Amati jarum, apabila bergerak dan kembali ketempat serta berarti seragam.

b. Kondensator Non Polar

1. Pusing skala multimeter pada kapasitas Ohm meter x10/x1k

2. Hubungkan probe ke masing-masing kaki.

3. Amati peniti, jika tidak bergerak oleh sebab itu kondensator di dalam kondisi baik.